Selasa, 23 Juni 2009

Pengertian AsuransI

I. Pembahasan Pertama

Pengertian Asuransi Secara Bahasa

At-ta’min (asuransi) secara bahasa berarti keamanan/aman. Yaitu ketentraman jiwa dan hilangnya rasa takut.

Derivasi kata ta’min secara bahasa yaitu أمن أمنا وأمانا وأمنة (aman, keamanan, ketentraman/tentram dan tidak takut) dan rumah yang aman artinya yang memilki keamanan. Sebagaimana firman Allah SWT melalui perkataaan Nabi Ibrahim as

رب اجعل هذا البلد ءامنا

Ya Allah jadikanlah Negara ini Negara yang aman.

Kafir Harbi meminta keamanan, meminta perlindungan dan masuk ke Negara Islam maka tidak diserang kepadanya selama dalam masa perlindungan.

At-Ta’min secara bahasa berarti memberi keamanan secara sempurna sepertii pengajaran/pendidikan yaitu memberikan ilmu dalam artian keamanan yaitu memberikan ketenangan jiwa dan hilangnya rasa takut. Maka definisi Ta’min secara bahasa berarti memberikan dan menyempurnakan ketentraman jiwa dan menghlangkan rasa takut.

At-Ta’min (asuransi) secara istilah (terminologi)

Ada dua istilah yang berkaitan dengan At-Ta’min itu sendiri yang membedakan di antara kedua istilah itu yaitu untuk menunjukan asuransi. Kedua istilah itu yaitu: sistem asuransi dan akad asuransi.

Adapun sistem asuransi, menurut Profesor Musthafa Az-Zarqa, beliau menerangkan dalam kitabnya yaitu Nizhamu Ta’min bahwa sistem asuransi yaitu sistem atau akad yang ditetapkan berdasarkan pada pertukaran yang tujuannya yaitu tolong menolong atau kerjasama untuk memperbaiki kerugian dari konsekuensi bahaya yang terjadi dengan melalui perantara lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi yang menjalankan akad-akadnya atau transaksi dalam bentuk yang bermacam-macam berdasarkan atas dasar-dasar dan prinsip-prinsip perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar